Selasa, 09 Juni 2015

Contoh Proposal Bisnis



 



BUSINESS PLAN

Nama Perusahaan
Bidang Usaha


                                                Ketua Pelaksana :
                                                Nama :                                         (NIM……)
                                               
                                               












[Alamat Perusahaan]
[Nomor Telepon, Fax]
[Alamat Web Site, E-mail]










DAFTAR ISI













































Ket: Format Proposal Business Plan dapat berubah sesuai dengan kebutuhan.

RINGKASAN EKSEKUTIF

[Berisi rangkuman isi business plan, antara lain: penjelasan singkat tentang rencana bisnis yang akan dilakukan.] Isilah bagian ini pada saat terakhir kalinya yaitu pada saat Anda sudah menulis seluruh rencana bisnis anda. Pada bagian ini sebaiknya Anda menuliskan/menjelaskan secara singkat mengenai berbagai alasan fundamental mengapa Anda memilih bisnis yang akan Anda masuki  dan berbagai penjelasan  singkat lainnya seperti : produk apa yang Anda tawarkan, siapa konsumen Anda, siapa pemilik (sendiri atau berkelompok)? Bagaimana menurut Anda perkembangan bisnis Anda di masa depan?
Buat ringkasan eksekutif ini dengan kalimat baku, profesional, antusiasme (kalimat yang menunjukkan optimisme; contoh ”Saya yakin bahwa Praktek Dokter Gigi ini akan memiliki konsumen yang jelas dan pangsa pasar yang besar” ), lengkap dan jelas.

 

 

I. VISI dan MISI


1.1  Visi

Pernyataan Visi mengekspresikan tujuan jangka panjang perusahaan, misalnya ingin menjadi praktek dokter gigi yang terkenal di kota Medan. Nyatakan visi secara sederhana dalam satu kalimat.

 
 













1.2 Misi

Pernyataan misi menyatakan/mengekspresikan tujuan tertinggi dari perusahaan kita. Pernyataan misi juga dapat berarti apa yang ingin kita berikan kepada konsumen melalui usaha kita, misalnya menyebarkan teknologi baru, atau meningkatkan pendidikan. Jika perusahaan kita mempunyai misi, nyatakan secara sederhana dalam satu atau dua kalimat atau lebih

 
 

















2.         LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

 

2.1       DATA PERUSAHAAN

1.         Nama Perusahaan


2.         Bidang Usaha







3.         Jenis Produk / Jasa







4.         Alamat Perusahaan



5.         Nomor Telepon


6.         Nomor Fax


7.         Alamat E-mail


8.         Mulai Berdiri


9.         Lokasi dan fasilitas Perusahaan
(jelaskan dengan ringkas kantor dan lokasi perusahaan, sifat dan fungsinya, luas)








10.     Status Kepemilikan Tempat Usaha
(status penyewaan/milik pribadi dan informasi mengenai fasilitas yang tersedia lainnya)


2.2       BIODATA PEMILIK / PENGURUS (Disesuaikan dengan jumlah anggota)

1.         Nama


2.         Jabatan


3.         Tempat dan Tanggal Lahir


4.         Alamat Rumah


5.         Nomor Telepon


6.         Nomor Fax


7.         Alamat E-mail


8.         NIM


9.         Program Studi






3.       ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

3.1     DESKRIPSI BARANG ATAU JASA

Buat list barang atau jasa secara individual dan jelaskan bagaimana barang atau jasa tersebut
bermanfaat untuk pelanggan. Jelaskan dengan mendalam bagaimana produk atau jasa yang  Anda tawarkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen.  Jelaskan bagian apakah yang paling penting dari produk/jasa Anda.

Barang atau Jasa I


 
 








Barang atau Jasa II



 
 




3.2       PASAR YANG DITUJU

GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA

Identifikasi target konsumen Anda. Jelaskan mengapa target konsumen tersebut yang Anda pilih.
Misal: Pasar yang akan dituju adalah masyarakat Kota Medan khusunya di kecamatan Medan baru, Jumlahnya sekitar 500.000 orang.
Dari jumlah tersebut kira-kira berapa persen yang akan membeli produk atau  jasa yang akan dijual.

VOLUME PENJUALAN/bulan

Sebutkan berapakah target penjualan Anda untuk setiap jenis produk/jasa yang Anda tawarkan. Volume penjualan harus Anda sesuaikan dengan target konsumen Anda/bulan.  

Jenis Produk
Unit
Total Nilai (Rp)









TOTAL
0
0

3.3    KEUNGGULAN BARANG ATAU JASA YANG DIHASILKAN

Jelaskan mengapa orang-orang harus membeli barang/jasa yang Anda tawarkan dibandingkan membeli dari produsen yang lain? Apakah kita menawarkan yang lebih baik untuk harga, kualitas, atau pelayanannya? Faktor-faktor apa saja yang memberikan keunggulan kompetitif maupun kelemahan dari produk atau jasa yang anda tawarkan dibandingkan dengan berbagai produk/jasa lainnya yang ada di pasar.
 




3.4         STRATEGI PEMASARAN

Pada bagian ini Anda harus menjelaskan berbagai strategi pemasaran produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sesuaikan strategi yang Anda tawarkan dengan karakteristik produk/ jasa yang anda tawarkan dan juga dengan pasar/konsumen yang ingin anda capai.

    STRATEGI PRODUK (Kemasan dan Merk), pada bagian ini Anda menjelaskan bagaimana Anda mengemas produk/jasa yang sebelum Anda menawarkan kepada konsumen.


    STRATEGI DISTRIBUSI (Wilayah pemasaran, penjualan langsung atau memakai perantara)


    STRATEGI PROMOSI (Iklan, Brosur, Pameran, dll)


    STRATEGI PENETAPAN HARGA (Harga pesaing atau (harga pokok produksi + keuntungan)) Jelaskan bagaimana Anda akan menetapkan harga



3.5         ANALISIS PESAING

Sebutkan dan jelaskan produk/jasa  atau perusahaan mana yang akan menjadi pesaing bagi praktek dokter gigi yang akan Anda jalankan.


Buatlah daftar praktek dokter gigi pesaing utama Anda seperti dalam tabel dibawah ini:

PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN

1.          
2.          
1.          
2.          

1.          
2.          
1.          
2.          

Jelaskan apakah Anda memiliki kompetitor tidak lansung ? (contoh Anda berjualan DVD, kompetitor tidak langsung Anda adalah pengusaha Bioskop)

Bagaimanakah produk dan jasa yang Anda tawarkan dapat mengatasi berbagai persaingan seperti yang telah Anda sebutkan sebelumnya?

4.         ANALISIS PRODUKSI (OPERASI)

4.1       PROSES PRODUKSI

SKEMA PROSES PRODUKSI / SKEMA PEMBERIAN JASA BAGI KONSUMEN.
Bagian ini menjelaskan bagaimana produk dihasilkan (proses produksi) atau pemberian jasa kepada konsumen. Bagi bisnis produk maka disertai dengan skema produksi produk tersebut. Sedangkan bagi jasa disertai dengan skema pemberian jasa bagi konsumen. (Jika memungkinkan dilengkapi dengan foto)


KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI

Apakah keunggulan dari proses produksi atau pemberian jasa anda jika dibandingkan dengan pesaing-pesaing Anda.


4.2              BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA

Pada bagian ini Anda menjelaskan dan menyebutkan berbagai bahan baku utama maupun bahan penolong didalam memproduksi produk atau didalam memberikan jasa.

BAHAN BAKU

KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER















BAHAN PENOLONG
KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER









5.   ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)

                                                                                                                                                      

JUMLAH PEKERJA, KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI

Pada bagian ini Anda menjelaskan jumlah pekerja yang Anda butuhkan, dan keunggulan maupun kompetensi dari pekerja yang akan Anda perkerjakan.



5.1.STRUKTUR ORGANISASI DAN URAIAN KERJA

 

Organization Chart




6. ANALISIS KEUANGAN                                                                                                           

6.1  BIAYA INVESTASI AWAL

Biaya diluar biaya operasional yang diperlukan (Misal:pembelian mesin dan peralatan) untuk memulai usaha Praktek Dokter Gigi
Untuk usaha sudah yang berjalan, biaya investasi dapat berupa biaya pembelian mesin dan peralatan untuk pengembangan usaha.


Item
Volume
Harga/Unit
Total Biaya




















Total


Rp 0.00

 

   

7.2. LAPORAN KEUANGAN

 7.2.1. RENCANA ARUS KAS (CASH – FLOW)

RENCANA ARUS KAS (dalam ribuan rupiah)
[Nama Perusahaan]
UNTUK TAHUN 20...


Bln I
Bln II
Bln III
Bln IV
Bln V 
Bln VI
Bln VII
Bln VIII
 Bln IX
Bln X 
Bln XI
    Bln XII
A.
PENERIMAAN













Penerimaan Penjualan
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Penerimaan Pinjaman
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Penerimaan lain-lain
     0
      0
     0
        0
      0
        0
         0
       0
       0
       0
     0
       0

Sub Total Penerimaan
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
B.
PENGELUARAN













Pembelian Asset (Investasi)
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Pembelian Bahan Baku
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Pembelian Bahan Pembantu
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Upah Buruh Produksi
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Biaya Produksi Lain-Lain
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Biaya Pemasaran
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Listrik, Air, Telepon
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Sub Total Pengeluaran
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
C.
SELISIH KAS
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
D.
SALDO KAS AWAL
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
E.
SALDO KAS AKHIR
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
Ket:  Yang harus diisi adalah item yang relevan dengan usaha, dapat menambah item lain jika diperlukan.

7.2.2. Laba/Rugi

Contoh Perhitungan Laba/Rugi
Pendapatan

Jumlah Pendapatan (R) diperoleh dari perkalian Harga (P) dengan Jumlah barang yang terjual (Q)
R=PXQ
Rp.......
Beban-Beban

-Pembelian bahan baku

Rp....
-Bahan Pendukung

Rp.......
-Listrik
Rp.......
-Sewa
Rp.......
-dll
Rp.......
Jumlah Beban/Biaya
Rp.......


Laba/Rugi
Pendapatan-(Jumlah Biaya)

=Rp..... (Laba Bersih)








7.         ANALISIS RESIKO USAHA

7.1       ANALISIS RESIKO USAHA

Menggambarkan hal-hal yang mungkin menganggu pelaksanaan investasi
-            
-            
-            


8.2       ANTISIPASI RESIKO USAHA

-            
-            

Catatan: Seluruh kegiatan 8.1 dan 8.2 harus memperlihatkan analisis perhitungan keuangannya.






10.     FOTO

*Lampirkan foto contoh produk dan rencana Lokasi Usaha




11.     LAMPIRAN

Contoh :

Break Even Point (BEP) = Titik Balik Modal

Perhitungan Titik Impas
Total Biaya = Rp. 120.000,-
Jumlah yang diproduksi = 40 Buah
Harga/Unit (Ditentukan Penjual) =Rp.5.000,-
Maka:
Harga Minimal = Total Biaya/Jumlah Produksi
Harga Minimal = Rp.120.000,-/40 Buah
                         = Rp. 3.000,-
Maka harga minimal yang ditawarkan penjual kepada konsumen agar mencapai titik balik modal adalah Rp.3.000,-.Jika penjual ingin mencapai laba, maka bisa menaikkan harga jual dari harga minimal tersebut (Berapa %).

 Jumlah Minimal = Total Biaya/Harga Per Unit
Jumlah Minimal = Rp.120.000,-/Rp.5.000
                            = 24 Buah
Maka jumlah minimal yang harus terjual agar penjual mencapai titik balik modal adalah 24 Buah. Jika penjual berhasil menjual lebih dari jumlah minimal, maka bisa mendapatkan laba.


Contoh Perhitungan Laba/Rugi Per Hari

Asumsikan:
Harga Produk (P) = Rp.5.000,-
Jumlah produk yang terjual/hari (Q)= 30 Buah
Pendapatan

PXQ
Rp.150.000,-
Beban-Beban

-Pembelian bahan baku

Rp.50.000
-Bahan Pendukung

Rp.35.000

-Sewa
Rp.20.000
-dll
Rp.15.000
Jumlah Beban/Biaya
Rp. 120.000,-


Laba/Rugi
Pendapatan-(Jumlah Biaya)

=Rp.150.000-120.000

=Rp.30.000 (Laba Bersih)































PEMICU 4
JELAJAH PASAR

DESKRIPSI TUGAS
Mahasiswa secara berkelompok akan mengamati 3  (tiga) Lokasi Praktek Dokter Gigi yaitu Praktek Dokter Gigi Pribadi, Praktek Dokter Gigi Bersama dan Praktek Dokter Gigi di Puskesmas/RSU.

Objek yang Diamati : Lokasi Praktek, Kondisi Peralatan dan Tempat Praktek, Sistem Pelayanan (jam buka, registrasi, jenis layanan, lama pelayanan,),  Etika Bisnis dan Etika Profesi, Jumlah SDM (Dokter Gigi, Perawat. petugas ADM dan Cleaning Service).

Tugas Mahasiwa  :
1.      Buat laporan kelompok mengenai Hasil Jelajah Pasar  (Hasil Pengamatan di 3 lokasi praktek dokter gigi) dan membuat Ide Modifikasinya. Laporan akan dipresentasikan..
2.      Ide dan Modifikasi” adalah bagaimana agar sebaiknya Praktek dokter gigi  tersebut lebih kreatif, inovatif  serta  menarik tanpa melanggar faktor etika profesi dan etika bisnis sehingga bisa lebih kompetitif dan bersaing di masa yang akan datang. (berikut desain interior dan eksterior)
Parameter Penilaian:
1.      Realita Kondisi 3 (tiga) Lokasi Praktek Dokter Gigi
2.      Kreatifitas dan Inovasi Ide Praktek Dokter Gigi di masa yang akan datang
3.      Bisa di implementasikan (Realistis)
Luaran Pembelajaran:
1.      Mahasiswa mampu menjelaskan tentang bagaimana menjadi wirausaha
2.      Mahasiswa mampu menjelaskan tentang berfikir perubahan
3.      Mahasiswa mampu menjelaskan tentang berfikir kreatif
4.      Mahasiswa mampu menjelaskan tentang berorientasi pada tindakan
5.      Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pengambilan risiko
6.      Mahasiswa mampu menjelaskan tentang manajemen SDM
7.      Mahasiswa mampu menjelaskan tentang etika bisnis
8.      Mahasiswa mampu menjelaskan tentang mencari gagasan usaha baru


























PEMICU 5

BUSINESS PLAN

DESKRIPSI TUGAS

Buatlah sebuah rencana bisnis pada usaha yang akan anda jalankan setelah menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran Gigi USU ( praktek dokter gigi) secara berkelompok. Bisnis yang anda rencanakan haruslah sebuah ide bisnis yang baru. Susun rencana pembuatan praktek baru tersebut semenarik dan sedetail mungkin sesuai dengan kebutuhan.

Uraikanlah hal-hal apa saja yang anda butuhkan dalam  mewujudkan hal tersebut.

Parameter Penilaian:
  Isi Business Plan  harus mencakup :
1.      Ringkasan Eksekutif
2.      Visi Misi, Latar Belakang Usaha dan Struktur Organisasi
3.      Analisis pemasaran (Deskripsi jasa, Pasar yang dituju, Volume Penjualan Keunggulan Jasa yang dihasilkan)
4.      Strategi Pemasaran (produk, harga, promosi, tempat)
5.      Analisis Pesaing (daftar pesaing , keunggulan dan kelemahan pesaing)
6.      Analisis Produksi (Alur pelayanan, jumlah bahan baku yang digunakan)
7.      Analisis SDM (Jumlah pekerja, Keunggulan dan kompetensinya)
8.      Analisis keuangan (biaya investasi, Arus Kas, Laba Rugi, BEP) (Format rencana bisnis akan diberikan)

Luaran Pembelajaran:
1.      Mahasiswa mampu membedakan ide dan peluang bisnis.
2.      Mahasiswa mengetahui pesaing (kekuatan dan kelemahannya)
3.      Mahasiswa mengetahui cara pembuatan business plan
4.      Mahasiswa mengetahui cara memulai bisnis
5.      Mahasiswa memahami dan mampu mempraktekkan konsep-konsep kewirausahaan yang telah dipelajari sebelumnya.
6.      Menambah serta membangun pengetahuan dan kemampuan mahasiswa mengenai kewirausahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar