Selasa, 09 Juni 2015

Sekilas tentang Manajemen Sumber Daya Manusia



MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA : 
MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING
1.       Pendahuluan
                Daya saing ( competitive ) mengacu kepada kemampuan perusahaan untuk mempertahankan dan memperoleh pangsa pasar di dalam industrinya.
Kempampuan perusahaan tersebut didukung oleh Sumber Daya Manusia yang baik dalam pengorganisasiannya, atau biasa disebut sebagai Manajemen Sumber Daya Manusia                        ( Human Resource Management / HRM ), artinya Kebijakan – kebijakan , praktik – praktik, serta sistem yang mempengaruhi perilaku, sikap, dan kinerja karyawan.
                Adapun praktik – praktik MSDM adalah Analisis dan perancangan pekerjaan, Perencanaan SDM, perekrutan, seleksi, pelatihan dan pengembangan, kompensasi, manajemen kinerja, dan hubungan antar karyawan terhadap kinerja perusahaan.

2.       Tanggung Jawab dan Peran Departemen SDM
                Departemen SDM bertanggung jawab penuh terhadap masalah outplacement                     ( pelayanan yang disediakan bagi karyawan yang habis masa kontrak kerjanya) kepatuhan terhadap hukum ketenagakerjaan, pencatatan, pengujian, dan pemberian kompensasi kepada pengangguan dan beberapa aspek administrasi tunjangan.
Departemen dapat berkolaborasi dengan berbagai departemen lain guna mningkatkan kualitas dan produktivitas.
Secara lebih rinci, berikut adalah tanggung jawab dari Departemen SDM:
1.       Ketenagakerjaan dan rekrutmen
2.       Pelatihan dan Pengembangan
3.       Kompensasi
4.       Tunjangan
5.       Jasa bagi karyawan
6.       Hubungan antar karyawan dan hubungan masyarakat
7.       Pencatatan data karyawan
8.       Kesehatan dan keselamatan kerja
9.       Perencanaan stategis
                                Salah satu cara memikirkan berbagai peran dan tanggung jawab departemen SDM adalah menganggap SDM sebagai suatu bisnis di dalam perusahaan dengan tiga lini produk.
1.       Lini produk pertama yaitu jasa administrasi dan transaksi yang merupakan produk SDM tradisional yang menyediakan SDM secar historis.
2.       Lini produk kedua adalah Jasa Mitra Bisnis yaitu pengembangan sistem SDM yang efektif serta membantu mnerapkan rencana bisnis, penekannnanya terdapat pada pengetahuan tentang seluk beluk bisnis serta menggunakan pengaruh pemecahan masalah dan perancangana sitem yang efektif untuk memastikan kompetensi yang dibutuhkan.
3.       Lini produk ketiga adalah Mitra strategis berkontribusi terhadap strategi bisnis berdasarkan pertimbangan modal manusia ,serta  praktik SDM sebagai pembeda yang strategis, penekanannya terdapat pda pengetahuan tentang SDM.

Melalui ketiga lini ini, tim SDM dapat mengangakat dirinya ketingkat kinerja yang lebih tinggi menurut budaya perusahaan dan memastikan bahwa para karyawan mampu bekerja pada tingkat yang tertinggi. Proses ini juga menitikberatkan pada suatu pemahaman umum tentang nilai dan sasaran misi perusahaan, pembentukan harapan yang jelas antara karyawan dan manajer melalui proses manajemen kierja yang beroperasi menurut hukum yang berlaku, memastikan bahwa karyawan terinspirasi untuk bekerja, serta memberikan keterampilan dan teknologi yang dibutuhkan setiap karyawan agar dapat berkontribusi terhadap perusahaan

3.Kompetensi yang dibutuhkan oleh Profersional SDM
                Adapun yang harus dimiliki oleh profesional SDM adalah sebgai berikut :
a.       Aktivis SDM yang dapat dipercaya
- menyampaikan hasil kerjanya dengan integritas
- berbagi informasi
- membangun hubugan yang dapat dipercaya
- mempengaruhi orang lain, memberikan observasi yang terus terang dan mengambil resiko yang tepat.

b.      Pengelola Budaya Organisasi
- memfasilitasi perubahan
- mengembangkan dan menghargai budaya organisasi
- membantu karyawan mengemudikan budaya organisasi.

c.       Manajer Bakat /  Perancang Organisasi
- mengmbangkan bakat
- merancang sistem penghargaan
- membentuk organisasi

d.      Arsitek Strategis
- Mengenal tren bisnis dan dampaknya bagi perusahaan
- SDM berbasis bukti
- Mengembangkan strategi karyawan yang berkontribusi terhadap strategi bisnis.

e.      Mitra Bisnis
- memahami cara berbisnis agar dapat menghasilkan uang
- memahami bahasa bisnis.

f.        Pelaksana Operasional
- menerapkan kebijakan-kebijakan di tempat kerja
- memajukan teknologi SDM
-mengandministrasikan pekerjan pengelolaan karyawan setiap hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar