Selasa, 09 Juni 2015

EKONOMI INDONESIA FAKTA DAN TANTANGAN DALAM ERA LIBERALISASI



EKONOMI INDONESIA  
FAKTA DAN TANTANGAN DALAM ERA LIBERALISASI
            Keadaan ekonomi disuatu negara ditentukan oleh beberapa faktor; di Indonesia sendiri faktor yang berpengaruh besar terhadap perkembangan ekonominya antara lain:
1.      Distribusi Pendapatan
Distribusi pendapatan yang merata merupakan salah satu tolak ukur pertumbuhan ekonomi suatu negara. Belajar dari negara maju, saat ini Indonesia berusaha mengembangkan pertumbuhannya di sektor industri manufaktur dan pertanian, meskipun masih membutuhkan pembenahan dalam struktur, perilaku dan kinerja, terkhusus pelestarian sumber daya alam, iklim yang baik dan peningkatan Sumber Daya Manusia.
2.      Inflasi
Indonesia, meski memiliki kenaikan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, masih saja mengalami laju inflasi. Laju inflasi justru lebih tinggi dibanding laju pertumbuhan ekonomi. Di Indonesia, hal ini disebabkan karena ekonomi yang cepat memanas ( overheating ). Salah satu faktor yang menyebabkan inflasi ini adalah terjadinya defisit transaksi berjalan. Defisit ini disebabkan oleh defisit neraca jasa yang lebih besar daripada surplus neraca barang atau sebaliknya dan bahkan defisit pada kedua neraca. Dalam beberapa kejadian,  Indonesia menunjukan adanya surplus karena ekspor barang lebih besar daripada impor, tetapi neraca transaksi berjalan selalu negatif, sehingga mengakibatkan inflasi. Keadaan ini jelas membebani masyarakat konsumen melalui tingginya tingkat harga.
3.      Investasi
Investasi adalah penggerak yang kuat dalam kegiatan ekonomi nasional, terkhusus dari dunia swasta. Dana yang dihimpun dari masyarakat disalurkan kembali dalam bentuk kredit investasi oleh dunia perbankan. Pada tahun 1982, ekonomi Indonesia mengalami resesi, tabungan pemerintahpun digunakan menutupi kebutuhan negara, sampai pinjaman ke luar negeri yang sedikit demi sedikit mulai mengalami pembengkakan dan memaksa pemerintah untuk meningkatkan pajak. Keadaan Ekonomi Indonesia sedikit memulih karena keinginan para pelaku bisnis terhadap investasi yang disediakan perbankan di Indonesia.
4.      Perdagangan Internasional
 Faktor lain yang ikut berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia adalah perdagangan internasional. Semakin besar ekspor suatu negara ke negara lain, maka semakin sukses pula daya ukur dari segi perdagangan internasional negara tersebut. Namun terkadang, proteksi yang berlebihan dari pemerintah dari suatu negara mengakibatkan daya saing khususnya dari pihak swasta berkurang.
5.      Sumber Daya Manusia
Salah satu faktor utama dalam perkembangan ekonomi suatu negara adalah Sumber Daya Manusianya. Indonesia dengan lemahnya Sumber Daya Manusia  khususnya dibidang pendidikannya mengakibatkan terbengkalainya proses peningkatan ekonomi, khusunya dalam pengelolaan perusahaan- perusahaan di Indonesia, kebutuhan akan tenaga kerja yang benar – benar handal mengakibatkan Indonesia harus mengundang tenaga kerja ahli dari luar negeri, hal ini bukan hanya mengurngi kesempatan tenaga kerja pribumi dan menambah pengangguran, namun hal ini juga mengakibatkan berkurangya profit/ keuntungan bagi negara Indonesia sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar